Popular post

Headlines News :
Home » , » Ikon Festival Danau Toba 2013 Sigale-gale Raksasa

Ikon Festival Danau Toba 2013 Sigale-gale Raksasa

Written By Unknown on Minggu, 08 September 2013 | 10.30

Ikon Festival Danau Toba 2013  Sigale-gale Raksasa


MEDAN - Panitia Festival Pesta Danau Toba telah menyiapkan sebuah boneka Sigale-gale raksasa sebagai ikon fisik pelaksanaan Festival Pesta Danau Toba (FDT) 2013. Boneka ini akan dipajang selama perhelatan FDT 2013 pada 8-14 September mendatang.

Boneka raksasa setinggi hingga 15 meter itu akan diletakkan di atas air sehingga boneka tersebut seolah-olah bisa menari. Bentuknya seperti Sigale-gale yang biasa dipertunjukkan di lokasi wisata Tuk-Tuk Siadong, di tepi Danau Toba.

Ketua Panitia Festival Danau Toba, Mangindar Simbolon, mengatakan bahwa boneka raksasa dari material kayu itu akan diletakkan di sekitar teluk antara kawasan wisata Tuktuk dan Bukit Beta Samosir. Boneka tersebut dibangun di atas pondasi berbentuk keramba, yang mengambang sehingga nantinya bisa bergerak mengikuti gelombang air danau.

"Sudah kita datangkan Sigale-gale dari pembuatnya di Jakarta dengan kontainer. Sekarang sedang pemasangan dan finalisasi. Nanti bonekanya memakai pakaian adat Batak dan menari-nari di atas air. Itu ikon resmi Festival Danau Toba 2013," katanya di Medan, Jumat (6/9/2013).

Mangindar juga mengatakan, boneka tersebut akan dilengkapi cahaya lampu yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga dapat terlihat indah dari kejauhan, khususnya pada malam hari. "Berlampu nanti dia, warna-warni. Dan, karena lokasinya terbilang strategis, nanti dari kejauhan pun kelihatan, termasuk dari Parapat dan Tanah Karo. Kan besar sekali ini," jelasnya.

Sigale-gale merupakan boneka kayu legendaris khas suku Batak. Pada upacara khas suku Batak di Sumatera Utara, boneka kayu yang diukir menyerupai manusia ini digunakan untuk menari Tor-tor.

Di balik boneka Sigale-gale ini ada sebuah legenda. Sigale-gale merupakan interprestasi dari Manggale, anak seorang raja bijaksana yang gugur di medan perang. Sang raja sangat terpukul dengan kematian anaknya hingga ia jatuh sakit.

Salah seorang tabib yang mengobati sang raja meminta penasehat kerajaan untuk memahatkan kayu berwajah mirip Manggale. Dia kemudian memanggil dan memasukkan roh anak sang raja ke dalam boneka tersebut. Sang raja pun sembuh karena seolah melihat boneka yang mirip dengan anaknya, Manggale.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Danau Toba - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger